Memanfaatkan KPI SaaS untuk Memastikan Pertumbuhan Pendapatan dan Kesuksesan Pelanggan
Goals

Memanfaatkan KPI SaaS untuk Memastikan Pertumbuhan Pendapatan dan Kesuksesan Pelanggan

Baik Anda seorang pemasar, penjual, atau manajer, melacak dan menganalisis data spesifik bisa membantu Anda mengembangkan perusahaan SaaS lebih cepat.

Namun, di tengah banyaknya KPI dan metrik yang berbeda yang menunggu untuk diukur, sangat penting untuk mengidentifikasi mana yang terbaik selaras dengan tujuan proyek Anda dan membantu mengoptimalkan strategi bisnis Anda secara efektif.

Memilih KPI yang tepat untuk dilacak sangat penting bagi bisnis SaaS, karena mereka beroperasi di industri yang sangat kompetitif, dan pertumbuhan serta keberhasilannya bergantung pada tingkat akuisisi dan retensi pelanggan.

Beberapa SaaS yang paling penting KPI mengungkapkan keberhasilan kampanye pemasaran Anda dan membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan . Meskipun efektif, melacak KPI SaaS hanya untuk upaya penjualan dan pemasaran tidak cukup untuk memastikan bisnis Anda akan terus berkembang. 🌱

Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan 10 KPI SaaS penting untuk dilacak pada tahun 2024 dan mengeksplorasi tantangan umum yang mungkin Anda hadapi saat melakukannya. Kami juga akan memperkenalkan Anda pada alat untuk membantu Anda memantau semua KPI SaaS dengan lancar.

Memahami KPI dan Metrik SaaS

Meskipun terdengar mirip, KPI dan metrik SaaS tidak mengacu pada hal yang sama.

Indikator kinerja utama (KPI) SaaS adalah metrik tingkat tinggi yang memberikan gambaran umum tentang kesehatan perusahaan secara keseluruhan Ini adalah metrik terukur yang paling penting yang melacak kemajuan bisnis terhadap tujuannya.

Biasanya, KPI ini mengevaluasi berbagai area seperti pertumbuhan pendapatan, status pelanggan baru dan yang sudah ada, pengunjung situs web, dll. KPI ini biasanya digunakan oleh para eksekutif dan Manajer SaaS serta tim kesuksesan pelanggan perusahaan, untuk membuat keputusan berdasarkan data .

Sementara itu, metrik adalah istilah umum yang mencakup KPI dan alat lain untuk mengukur kemajuan dan kinerja. Dengan kata lain, tidak semua metrik adalah KPI SaaS. Metrik digunakan dalam skala yang lebih luas oleh anggota tim pemasaran dan penjualan, manajer produk, dan tim dukungan pelanggan untuk mengoptimalkan area bisnis yang berbeda.

Bagaimana Cara Kerja Model Bisnis SaaS, dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap Pelacakan KPI?

Perusahaan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) beroperasi dengan model bisnis tertentu - mereka memberi pengguna akses ke perangkat lunak mereka dengan biaya bulanan atau tahunan. Pelanggan dapat terus menggunakan perangkat lunak selama mereka terus membayarnya. Selain itu, mereka biasanya dapat membatalkan langganan kapan pun mereka mau, karena mereka biasanya tidak terikat kontrak.

Dengan menggunakan model bisnis yang spesifik, bisnis SaaS memiliki cara yang berbeda untuk mengukur kinerja. Ini karena keberhasilan perusahaan-perusahaan ini bergantung pada jumlah langganan dan pengguna bulanan - lebih banyak pengguna berarti lebih banyak pendapatan yang dihasilkan. 📈

Secara keseluruhan, untuk bisnis SaaS, tujuan utamanya adalah menjaga pendapatan berulang bulanan tetap tinggi. Oleh karena itu, Anda harus fokus pada retensi pelanggan sebagai salah satu KPI utama jika Anda ingin perusahaan Anda berkembang. Penting juga untuk melacak pengguna aktif bulanan, akuisisi pelanggan biaya, nilai seumur hidup pelanggan, dan KPI penting lainnya yang dibahas di bagian selanjutnya.

Kiat profesional: Ingin segera mulai melacak metrik penjualan dan pendapatan SaaS Anda? Manfaatkan fitur Templat KPI Penjualan ClickUp untuk memantau KPI dan meningkatkan proses di semua tahap saluran penjualan Anda dari satu jendela. 💚

Templat KPI Penjualan ClickUp

Gunakan Templat KPI Penjualan ClickUp untuk mengukur dan meningkatkan performa penjualan Anda

10 Metrik KPI SaaS yang Penting untuk Dilacak pada Tahun 2024

Ada lusinan metrik penting, tetapi melacak semuanya tidak perlu atau tidak produktif. Sebaliknya, Anda harus fokus pada yang paling penting untuk merampingkan pertumbuhan bisnis.

Mari kita lihat KPI SaaS penting yang perlu dilacak oleh perusahaan Anda.

1. Tingkat churn

Karena bisnis SaaS bergantung pada pelanggan, mengukur tingkat keluar masuknya pelanggan adalah langkah pertama yang jelas. KPI ini menunjukkan kepada Anda jumlah pelanggan yang hilang dalam jangka waktu tertentu.

Ketika bisnis Anda bergantung pada retensi pelanggan dan tingkat churn rate Anda tinggi, itu berarti banyak pelanggan yang tidak puas dengan perangkat lunak Anda. Namun, tingkat churn yang lebih tinggi harus diharapkan jika perangkat lunak Anda bukan solusi permanen bagi pengguna.

Tingkat churn rate yang meningkat dapat disebabkan oleh tren pasar, pesaing, atau harga. Jadi, jika bisnis SaaS Anda mengalami tingkat churn yang lebih tinggi dari rata-rata, Anda harus memeriksa kembali fitur dan strategi penetapan harga Anda.

Berikut cara menghitung churn rate:

pelanggan yang hilang ÷ Total pelanggan pada awal periode waktu) x 100_

2. Tingkat churn pendapatan

Melacak tingkat churn pendapatan bahkan lebih penting daripada melacak tingkat churn pelanggan. Hal ini mencerminkan pendapatan yang hilang dari waktu ke waktu karena langganan yang dibatalkan atau diturunkan. Melacak KPI ini secara triwulanan atau bulanan dapat membantu Anda lebih memahami perilaku pelanggan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengurangi tingkat churn.

Berikut adalah cara menghitung tingkat churn rate pendapatan:

pendapatan berulang yang hilang selama periode tersebut ÷ Pendapatan berulang di awal periode waktu) x 100_

3. Pendapatan berulang bulanan

Pendapatan berulang bulanan (MRR) adalah nilai total yang dihasilkan perusahaan SaaS Anda dari pelanggan aktif dalam sebulan. MRR melacak penjualan naik, penjualan baru, pembaruan, dan churn, membantu Anda mencatat aliran pendapatan bulanan Anda. Ini juga menunjukkan bagaimana bisnis Anda tumbuh dan dapat membantu Anda mengambil keputusan di berbagai bidang seperti alokasi sumber daya dan pengembangan produk .

Berikut adalah cara menghitung MRR:

Rumus untuk menghitung MRR dapat bervariasi, tergantung pada jenis MRR yang Anda lacak. Cara yang lebih mudah untuk menghitung MMR adalah:

mRR = (jumlah pelanggan) x (pendapatan yang sesuai dari mereka)_

Jika Anda memiliki 10 pelanggan yang membayar Anda $10 per bulan - MRR Anda adalah 10 x 10 = $100 untuk bulan itu.

Bisnis dengan ukuran dan paket transaksi yang berbeda dapat menghitung menggunakan rumus di bawah ini.

mRR = (jumlah pelanggan) x (pendapatan bulanan rata-rata per pelanggan)_

4. Prospek yang memenuhi syarat produk

Prospek yang memenuhi syarat produk (PQL) mengukur jumlah pelanggan yang telah menggunakan produk Anda dalam uji coba gratis dan mencapai pemicu yang telah ditentukan sebelumnya yang mengindikasikan bahwa mereka dapat menjadi pelanggan yang membayar.

Sementara prospek yang memenuhi syarat pemasaran (MQL) didasarkan pada tindakan spesifik seperti mengklik tautan yang diterima melalui email, PQL mencerminkan perilaku pelanggan-mereka memberikan wawasan tentang dampak fitur perangkat lunak tertentu pada pelanggan selama periode uji coba.

Informasi ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan fitur yang paling disukai pelanggan dan mengiklankannya lebih banyak dalam uji coba gratis Anda.

Berikut cara menghitung tingkat konversi PQL ke konversi berbayar:

jumlah total PQL yang dikonversi menjadi berbayar ÷ total PQL x 100_

5. Tingkat konversi pelanggan

Tingkat konversi pelanggan (CCR) memberi tahu Anda tentang keterlibatan pelanggan produk Anda dengan mengungkapkan jumlah prospek yang menjadi pelanggan yang membayar.

CCR yang rendah menunjukkan pelanggan potensial telah kehilangan minat pada produk Anda. Anda dapat mengidentifikasi mengapa Anda kehilangan pelanggan yang sudah ada dengan memeriksa dengan cermat Proses saluran penjualan SaaS . Bagi sebagian besar perusahaan SaaS, kerugian biasanya terjadi selama uji coba gratis.

Anda mungkin juga memiliki CCR yang rendah jika tim penjualan terus membuat profil pelanggan yang salah. Jika itu masalahnya, menganalisis CCR Anda dapat mengarahkan Anda ke solusi potensial untuk masalah ini . Selain itu, melacak tingkat konversi khusus Anda dapat membantu Anda mengukur kinerja beberapa kampanye pemasaran untuk melihat kampanye mana yang paling berhasil .

Berikut cara menghitung CCR:

total konversi ÷ Total pengunjung situs web_

6. Biaya akuisisi pelanggan

Mengukur biaya akuisisi pelanggan (CAC) Anda sangat penting untuk menghindari masalah pengeluaran yang berlebihan. Faktor utama yang berkontribusi terhadap CAC adalah biaya riset, pemasaran, dan karyawan, yang dapat terakumulasi jika Anda melakukan upaya ekstra untuk mendapatkan pelanggan baru.

Perhatikan bahwa CAC hanya mempertimbangkan biaya untuk mendapatkan pelanggan dengan membuat mereka membeli layanan Anda. Ini tidak termasuk biaya produksi perangkat lunak.

Menganalisis KPI ini dapat membantu Anda memahami ke mana uang Anda pergi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menyimpannya, terutama jika Anda membuang terlalu banyak pendapatan perusahaan Anda di jalan yang tidak menguntungkan. Tujuannya adalah menghasilkan lebih banyak uang daripada biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan pelanggan.

Berikut ini cara menghitung CAC:

(Biaya penjualan + Biaya pemasaran) ÷ Pelanggan baru yang diperoleh_

7. Tingkat retensi pelanggan

Salah satu KPI terpenting untuk bisnis SaaS adalah tingkat retensi pelanggan (CRR), yang menunjukkan berapa banyak pengguna aktif dalam jangka waktu tertentu. CRR yang tinggi berarti pelanggan terus menggunakan layanan Anda, yang mengarah pada pertumbuhan pendapatan. 💰

Jika CRR Anda rendah, ada beberapa alasan yang mungkin terjadi:

  • Masalah teknis
  • Kurangnya fitur
  • Dukungan pelanggan yang buruk
  • Tidak menanggapi umpan balik pelanggan

Berikut cara menghitung CRR:

[(Pelanggan pada akhir periode - Pelanggan yang diperoleh selama periode) ÷ Pelanggan pada awal periode] x 100_

Menganalisis CRR Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah, jika ada, dan menghasilkan solusi yang sesuai untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Misalnya, jika Anda menghubungkan CRR yang lemah dengan budaya ticketing perusahaan SaaS Anda yang buruk, Anda dapat mulai mengambil langkah untuk meningkatkan layanan pelanggan. Jika Anda adalah pengguna ClickUp, Anda dapat dengan mudah masuk ke halaman Templat Manajemen Layanan Pelanggan ClickUp untuk mengelola resolusi dari awal hingga akhir dan menerapkan upaya yang lebih proaktif terhadap kepuasan pelanggan. 🤗

Template Manajemen Layanan Pelanggan ClickUp

Manfaatkan Templat Manajemen Layanan Pelanggan ClickUp untuk mengatur umpan balik pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan

8. Nilai seumur hidup pelanggan

Nilai seumur hidup pelanggan (CLV) Anda memperkirakan total pendapatan yang akan Anda terima dari setiap pelanggan saat mereka berlangganan layanan Anda. Ini adalah salah satu KPI keberhasilan pelanggan yang lebih penting karena mengetahui profitabilitas pelanggan yang ada dapat membantu Anda membuat keputusan strategis terkait fitur, pemasaran, dan harga.

Saat melacak CLV, Anda juga harus memperhatikan CAC atau biaya akuisisi pelanggan untuk memastikan bahwa mendapatkan pelanggan baru tidak lebih mahal daripada nilai rata-rata seumur hidup mereka. Idealnya, tidak ada bisnis yang menghabiskan lebih banyak uang untuk mendapatkan pelanggan baru daripada yang diperoleh dari mereka.

Berikut adalah cara menghitung nilai seumur hidup pelanggan:

nilai pelanggan x Rata-rata umur pelanggan_

Kiat bonus: Visualisasikan pengalaman pelanggan dengan produk Anda di semua titik kontak dengan Templat Peta Perjalanan Pelanggan ClickUp . Ukur kepuasan pelanggan dengan mudah dengan melacak kesadaran, pertimbangan, dan konversi di papan tulis interaktif dan mengidentifikasi area yang berpotensi menimbulkan gesekan dengan lebih cepat.

Templat Peta Perjalanan Pelanggan ClickUp

Gunakan Templat Peta Perjalanan Pelanggan ClickUp untuk memetakan kebiasaan dan preferensi pelanggan Anda dan menggunakannya untuk meningkatkan layanan Anda

9. Pendapatan rata-rata per pengguna

Mengukur pendapatan rata-rata per pengguna menunjukkan berapa banyak yang dibelanjakan setiap pelanggan untuk layanan Anda setiap bulannya. Melacak KPI SaaS ini dapat membantu Anda menentukan jumlah uang yang Anda hasilkan dari setiap pengguna sehingga Anda dapat menginvestasikan penghasilan Anda dengan lebih baik.

Karena sebagian besar bisnis SaaS menyertakan tingkatan langganan dan add-on dalam penawaran mereka, biasanya ada perbedaan dalam pengeluaran pelanggan. Namun, KPI ini dapat membantu Anda memahami apa yang paling sering dibayar oleh pengguna dan mengapa.

Berikut cara menghitung ARPU:

pendapatan total ÷ Jumlah total pengguna_

Menghitung metrik ini akan lebih mudah jika Anda menggunakan rumus Templat Laporan Penjualan Harian ClickUp untuk mendapatkan visibilitas waktu nyata ke dalam aktivitas dan tren pelanggan, yang mengarah ke perkiraan pendapatan yang lebih akurat.

Templat Laporan Penjualan Harian ClickUp

Catat aktivitas penjualan Anda pada penutupan setiap hari kerja dengan Templat Laporan Penjualan Harian ClickUp

10. Skor promotor bersih

Mengandalkan skor promotor bersih (NPS) memberi tahu Anda tentang berapa banyak pelanggan yang puas dengan layanan Anda. Ini adalah KPI yang sangat penting untuk diukur karena menunjukkan seberapa baik kinerja perusahaan SaaS Anda. Jika nilainya tidak baik, ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Format NPS mengharuskan Anda menanyakan kepada pelanggan Anda seberapa besar kemungkinan mereka akan merekomendasikan perusahaan, produk, atau layanan Anda kepada teman atau kolega. Responden kemudian memberikan skor dari 0 (tidak mungkin sama sekali) hingga 10 (sangat mungkin).

Mereka yang memberikan skor 9 atau 10 dianggap sebagai promotor atau pelanggan setia yang dapat merekomendasikan layanan Anda kepada orang lain. Mereka yang memberikan skor 0 hingga 6 dianggap relatif tidak puas dengan layanan dan tidak mungkin memberikan rekomendasi atau tetap menggunakan layanan Anda.

Berikut ini cara menghitung skor promotor bersih:

persentase promotor - Persentase pencela_

Peran KPI SaaS dalam Perencanaan Strategis

KPI sangat penting untuk perencanaan strategis saat mereka mengubah visi dan abstrak menjadi tujuan yang dapat dicapai dan pendapatan berulang. Mereka membantu Anda mengidentifikasi faktor-faktor yang paling memengaruhi kesuksesan bisnis Anda, mengukur kinerja di area tersebut, dan membandingkan nilainya dengan tolok ukur industri.

Selain itu, KPI juga berkontribusi pada perencanaan strategis dengan:

  • Membuat proses perencanaan menjadi lebih berbasis data
  • Melacak parameter untuk memverifikasi efektivitas perencanaan strategis
  • Mengidentifikasi tantangan dan peluang sehingga Anda dapat menyesuaikan rencana Anda
  • Mempromosikankolaborasi lintas fungsi dengan mendorong tim untuk bekerja mencapai tujuan bersama
  • Membantu Anda memprioritaskan elemen yang menghasilkan pendapatan dalam strategi pemasaran Anda untuk hasil yang lebih baik
  • Menumbuhkan transparansi dengan mengukur kinerja bisnis kepada para pemangku kepentingan
  • Mengungkap faktor kesuksesan bisnis SaaS sehingga Anda dapat merancang rencana kesuksesan masa depan Anda dengan tepat

Anda sekarang dapat menggunakan templat perencanaan strategis untuk membuat peta jalan bisnis SaaS Anda tanpa harus memulai dari awal! Mulailah merencanakan segera dengan Templat Peta Jalan Strategis ClickUp untuk memetakan dan memvisualisasikan tujuan dan sasaran jangka panjang, serta menentukan metrik SaaS yang sesuai untuk mengukur kemajuan.

Templat Peta Jalan Strategis ClickUp

Visualisasikan peta jalan strategis Anda dan rencanakan kesuksesan tim Anda dengan Templat Peta Jalan Strategis ClickUp

Pentingnya KPI Neraca untuk Pertumbuhan SaaS

Selain kinerja, melacak kesehatan keuangan bisnis Anda sangat penting bagi perusahaan Anda untuk tumbuh dan memiliki aliran pendapatan bulanan yang terjamin. Cara termudah untuk menilai kesehatan perusahaan SaaS Anda pada titik waktu tertentu adalah dengan menggunakan neraca. Neraca memberikan wawasan tentang kesehatan bisnis, potensi pertumbuhan, dan faktor risiko .

Ada banyak KPI neraca yang dapat Anda ikuti untuk lebih memahami kesehatan, efisiensi, dan likuiditas perusahaan Anda.

Berikut ini lima KPI neraca yang paling penting untuk bisnis SaaS:

  1. Rasio Lancar: Membandingkan aset lancar perusahaan Anda dengan kewajiban lancarnya
  2. Rasio Cepat: Mengukur likuiditas bisnis dan kemampuan untuk membayar kewajiban jangka pendek dengan menggunakan aset likuid
  3. Rasio Hutang terhadap Ekuitas: Menunjukkan berapa banyak utang yang Anda gunakan untuk membiayai aset perusahaan dengan membandingkan total utang perusahaan dengan ekuitas pemegang saham
  4. Rasio Ekuitas: Menghitung berapa banyak aset perusahaan yang dibiayai oleh ekuitas pemilik
  5. Rasio Cakupan Bunga: Mengukur apakah perusahaan Anda dapat membayar biaya bunga atas utang yang belum dibayar berdasarkan berapa banyak pendapatan yang dihasilkannya

Tantangan dalam Melacak KPI dan Cara Mengatasinya

Mari kita jelajahi beberapa tantangan umum dalam melacak KPI dan pelajari cara mengatasinya.

Memilih KPI SaaS yang tepat untuk pertumbuhan pendapatan

Karena banyaknya KPI yang dapat Anda lacak, banyak bisnis yang merasa sulit untuk memutuskan mana yang harus dipilih dan akhirnya meminta konsultan untuk memilihkan KPI untuk mereka.

Namun, memilih KPI yang tepat membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang praktik bisnis Anda dan banyak eksperimen. Anda harus mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • di mana tahap bisnis SaaS Anda?
  • apakah KPI memiliki potensi untuk mengungkapkan tren yang Anda cari?
  • kPI mana yang lebih selaras dengan tujuan bisnis Anda saat ini?

Memilih perangkat lunak yang tepat

Memilih yang terbaik alat intelijen bisnis (BI) untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menampilkan KPI tidaklah mudah, karena ada beragam perangkat lunak yang dapat dipilih. Idealnya, alat yang Anda pilih harus memiliki fitur-fitur berikut ini:

  • Dasbor intuitif untuk visualisasi data yang mudah
  • Fitur analisis tingkat lanjut
  • Alat-alat AI untuk mempercepat analisis data
  • Kemampuan untuk berintegrasi dengan alat analisis lain yang digunakan tim Anda

Selain alat BI, Anda dapat memanfaatkan kemampuan pelacakan KPI yang kuat yang ditawarkan oleh ClickUp . Ini solusi manajemen proyek all-in-one membantu Anda melacak, mengatur, dan berbagi data dalam satu platform.

ClickUp Documents, tampilan Obrolan, tampilan Daftar, dan Beranda

Berkolaborasi dalam ide dan buat Dokumen atau wiki yang menakjubkan dengan halaman bersarang dan opsi pemformatan khusus untuk peta jalan, basis pengetahuan, dan banyak lagi

Mengumpulkan data

Mencari dan mengumpulkan data yang Anda perlukan untuk menghitung indikator kinerja utama tertentu bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Anda harus mengambil data dari berbagai sumber. Dan ini merupakan mimpi buruk yang berbeda jika Anda harus melakukannya secara manual. Dalam hal ini, Anda harus meluangkan waktu dan upaya untuk menemukan cara menyimpan data dengan cara yang mudah diakses.

Platform manajemen dokumen online seperti ClickUp Docs adalah solusi yang bagus untuk masalah ini, karena menyediakan lokasi terpusat untuk menyimpan data dan laporan Anda. Impor data dari alat analisis lain yang Anda gunakan dan bagikan semuanya dengan tim Anda melalui tautan sederhana.

Dokumen ClickUp

Simpan semua data Anda dan atur melalui Subhalaman menggunakan ClickUp

Jika Anda mengumpulkan data komputasi, gunakan fitur Tampilan Tabel ClickUp untuk mengatur data Anda dalam kolom bergaya spreadsheet. Anda dapat menambahkan rumus lanjutan ke data Anda menggunakan Bidang Khusus dan menghitung KPI yang Anda butuhkan.

Cara Melacak Metrik dan KPI SaaS yang Paling Penting

Melacak KPI SaaS bisa jadi sederhana selama Anda mengandalkan Alat-alat SaaS untuk bantuan. ClickUp adalah solusi ideal untuk memantau dan mengatur semua KPI penting Anda untuk melihat apakah mereka memenuhi ekspektasi kinerja Anda. ⭐

Menggunakan Sasaran ClickUp adalah cara termudah untuk melacak KPI SaaS Anda dan kemajuannya. Anda dapat memecah semua tujuan Anda menjadi Target yang lebih kecil yang mewakili tujuan bisnis Anda.

Sasaran ClickUp

Tetapkan tujuan yang terukur untuk tugas dan proyek dan lacak KPI dengan mudah di ClickUp

Ketika Anda menyelesaikan setiap target, Anda semakin dekat untuk menyelesaikan tujuan Anda, dan kemajuan Anda diperbarui secara real time. ⏳

Bagian terbaiknya? Anda dapat menyesuaikan metrik Anda untuk mengukur Target yang unik:

  1. Angka: Untuk angka numerik seperti skor dan persentase
  2. Benar/salah: Untuk melacak tingkat penyelesaian dalam hal selesai/tidak selesai
  3. Mata uang: Untuk metrik seperti tingkat churn dan keuntungan
  4. Tugas: Untuk memantau kinerja berdasarkan penyelesaian tugas

Untuk memulai pelacakan KPI Anda, manfaatkan fitur Templat KPI ClickUp . Ini menyediakan tampilan Daftar Ringkasan dari semua KPI Anda yang dikategorikan berdasarkan kemajuan, sehingga Anda dapat melihat mana yang mana:

  • Di jalur yang tepat
  • Di luar jalur
  • Berisiko
  • Selesai

Templat KPI ClickUp

Gunakan Templat KPI ClickUp untuk melacak KPI Anda secara efektif melalui tampilan Daftar, Garis Waktu, dan papan Kaban

Visualisasikan kemajuan dengan membuka seret dan lepas Papan Kanban melihat dan memahami tenggat waktu KPI dengan lebih baik melalui tampilan Timeline.

Anda juga dapat menggunakan Dasbor ClickUp sebagai pusat komando KPI Anda. Dasbor ini dapat disesuaikan dan memberikan gambaran umum tentang semua KPI Anda. Sertakan kartu khusus (atau laporan) yang memantau metrik Anda dalam gaya yang Anda inginkan, baik itu garis, batang, atau diagram lingkaran. 📊

Dasbor ClickUp

Dapatkan gambaran umum tingkat tinggi dari semua KPI Anda dan visualisasikan kemajuannya di ClickUp

Lacak KPI SaaS Seperti Seorang Profesional dengan ClickUp

Pelacakan KPI yang tepat dan pertumbuhan bisnis SaaS berjalan beriringan-mengukur dan menganalisis KPI mengungkapkan seberapa baik kinerja bisnis Anda dan membantu Anda mengarahkan keputusan ke arah yang benar.

Ingatlah bahwa sangat penting untuk terus melacak dan menyesuaikan KPI Anda jika Anda ingin bisnis Anda terus berkembang di pasar yang terus berkembang.

Untuk mempermudah perjalanan pelacakan KPI Anda, daftar ke ClickUp secara gratis hari ini ! Memanfaatkan kegunaannya Templat KPI untuk memulai dengan cepat, melacak sasaran dengan mudah memvisualisasikan kemajuan KPI, dan menggunakan fungsi CRM aslinya untuk membantu bisnis Anda berkembang! 🌸

Merangkum Pertanyaan Umum yang Sering Diajukan

1. Apa yang dimaksud dengan KPI dalam SaaS?

Indikator kinerja utama (KPI) melacak kinerja perusahaan terhadap tujuannya. Baik untuk B2C maupun Perusahaan SaaS B2B kPI membantu melacak pangsa pasar bisnis atau menyoroti area yang perlu ditingkatkan. Karena kesuksesan bisnis SaaS bergantung pada pelanggannya dan pendapatan masa depan yang mereka hasilkan, KPI SaaS yang paling penting biasanya memiliki parameter yang berhubungan dengan pelanggan.

2. Apa saja metrik SaaS yang umum?

Metrik SaaS yang paling umum termasuk tingkat perputaran pelanggan dan pendapatan, pendapatan berulang bulanan dan tahunan, tingkat konversi dan retensi pelanggan, biaya akuisisi pelanggan dan nilai seumur hidup, pendapatan rata-rata per pengguna, dan skor promotor bersih.

3. Bagaimana Anda mengukur kesuksesan produk SaaS?

KPI yang Anda ukur dan analisis dapat memberi tahu Anda seberapa sukses bisnis Anda di berbagai bidang. Misalnya, tingkat retensi pelanggan yang tinggi (CRR) menunjukkan jumlah pelanggan aktif yang besar, yang kemungkinan besar berarti pendapatan Anda juga tinggi.